Di era sekarang banyak sekali yang berlomba-lomba untuk membuat sebuah situs ataupun blog, entah intu untuk sekedar berbagi ataupun untuk digunakan sebagai penghasilan dari blog tersebut. Tidak jarang juga yang baru mengenal blog juga tertarik untuk membuat blog karena informasi yang mereka didapatkan bahwa dengan mempunyai blog kita bisa menghasilkan uang atau pendapatan. Namun untuk yang baru mengenal yang namanya blog pasti akan membuatnya bingung, mulai dari cara-cara untuk membuat blog sampai dengan cara agar blog tersebut mampu memberikan penghasilan.  


Sebenarnya untuk membuat blog terbilang cukup gampang. kita hanya cukup mendaftar pada web penyedia situs tersebut misalnya blogger.com ataupun wordpress.com. Disini saya akan menjelaskan cara membuat website dari blogspot.com, alasannya kenapa memilih blogspot, karena menurut saya sangat ringan dan gampang untuk membuat blog bagi pemula, selain itu banyak juga yang menggunakan blogspot hingga akhirnya banyak situs-situs yang menyediakan tutorial-tutorial blog untuk blogspot saat ini.  


Berikut Langkah-langkah untuk membuat blog baru dengan platform blogspot :

1. Masuk ke alamat website blogspot untuk mendaptarkan atau membuat blog baru. dengan memasukan           email yang kita punya, kemudian klik pada tulisan "Buat Blog Baru"


2. Kemudian tulis Informasi-informasi yang dibutuhkan seperti nama blog, alamat blog yang kita inginkan           serta templat yang ingin kita pakai


  • Judul : isi dengan nama judul blog kita contohnya "Ilmu Tidak Akan Pernah Membebani Kita"      
  • Alamat : isi dengan alamat blog yang kita inginkan contoh "utar-atur.blogspot.com"                           
  • Template : pilih templat yang merasa kita cocok untuk memperindah halaman blog                           Kemudian Klik tulisan "Buat Blog"


3. Dan selesai blog baru telah kita buat selanjutnya bisa memperindah blog kita terlebih dahulu atau langsung     membuat postingan awal


Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang mencari tutorial untukmembuat blog.