Sejarah Singkat SPSS

SPSS atau singkatan dari Statistical Package For The Social Science atau jika dalam bahasa Indonesia adalah Statistik Ilmu Sosial merupakan suatu program aplikasi dalam komputer yang digunakan untuk menganalisis data-data statistik. SPSS ini pertamanya dirilis sejak tahun 1968 yang diciptakan oleh seorang lulusan Ilmu Politik yang berasal dari universitas Stanford bernama Norman Nie.



Pengertian SPSS

SPSS merupakan suatu program aplikasi yang memiliki kemampuan untuk digunakan menganilisis statistik dengan tingkat keakurtan yang sangat tinggi, juga sistem manajemen-manajemen data dari lingkungan grafis yang menggunakan menu deskriftif juga kotak dialog yang terbilang sederhana dan juga mudah buat dipahami untuk cara pengoprasiannya.

Aplikasi SPSS ini banyak digunakan untuk macam-macam riset pemasaran, perbaikan mutu, dan juga pengendalian mutu. SPSS ini juga bisa membaca berbagai macam-macam jenis data dan bisa memasukan data dengan cara langsung kedalam SPSS data. Hasil dari analisis akan muncul melalui SPSS Output Navigator. Dan  Data editor merupakan jendela buat pengolah data.

Manfaat Menggunakan Program Statistik dari SPSS

SPSS merupakan program yang paling banyak dibutuhkan setingkat lebih tinggi diatas program Microsoft Excel. SPSS juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk segala bidang-bidang tertentu seperti psikologi, kedokteran, pemasaran, komunikasi, enginering serta lain-lain. Secara pemanfaatan program aplikasi ini digunakan untuk riset-riset penilaian kredit, pemasaran, peramalan suatu bisnis, kepuasan pelanggan, pengwasan dan juga perbaikan mutu produk.  
   
Jika dibandingkan dengan program aplikasi lain, SPSS merupakan program aplikasi yang lebih unggul yang membuat aplikasi ini banyak digunakan. diantaranya adalah :

1.     Sangat mudah memasukan data
2.     Sangat mudah melakukan pengolahan data
3.     Output sangat mudah dibaca hingga dicetak
4.     Respon cepat menampilkan output

Program aplikasi SPSS ini juga bisa menguji sebanyak dua tipe data antara lain data kualitatifdan juga data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang hanya berbentuk kata. Jika data kualitatif akan dilakukan pengujian serta olah data statistik maka data ini harus dibuatkan menjadi angka-angka terlebih dahulu. Untuk proses pembuatannya ke dalam angka yatu dengan memberikan nilai atau skor yang telah ditentukan pada kata-kata yang digunakan. Sebagai Contohnya adalah kata "Kurang Puas" yang sering digunakan untuk kata ini adalah angka 1.
Sedangkan Data Kuantitatif merupakan data yang sudah dibentuk dengan angka, misalnya 1, 5, 88....dst.