Perintah Region adalah perintah pada autocad untuk menyambungkan garis yang terputus-putus pada objek contohnya adalah pada objek line atau garis. Agar garis tersebut dapat tersambung dengan menggunakan perintah region diwajibkan objek line tersebut tidak terdapat bagian yang bocor pada bagian ujung2 tiap objek. 

    Perintah Region dilakukan untuk menjamin agar objek  tertutup tersebut dapat di extrude. Bila terdapat ujung objek tidak tertutup atau bocor, maka objek tersebut tidak akan bisa di extrude atau di region jadi usahakan untuk membuat perintah Region sempurna tidak ada bagian yang bocor atau tidak tertutup pada bagian ujung objek. 

Contohnya sebagai berikut :


Gambar diatas menjelaskan bahwa terdapat bagian yang bocor, hal itu yang akan menyebabkan perintah Region tidak akan bisa dilakukan. Dan meskipun hanya ada satu ujung pada objek yang bocor maka perintah Region tidak akan berhasil. Jadi usahakn tiap ujung pada objek tersambung, agar kita mengetahui atau sejajar ujung 1 dengan ujung objek yang lain bisa dengan mengaktifkan Ortho atau dengan menekan tombol f8 pada keyboard.
Berikut Tutorialnya menggunakan perintah Region :

Buat sebuah objek dengan menggunakan perintah Line, bisa dilihat pada gambar dibawah ini objek persegi dengan menggunakan line dan tiap garisnya masih belum tersambung dengan garis lain artinya garis tersebut masih dalam keadaan putus-putus.




Kemudian tulis perintah "Region" pada kolom perintah atau command dan blok seluruh objek tersebut


Kemudian tekan Enter, cba lakukan klik pada satu garis tersebut, jika perintah Region tersebut berhaasil maka garis-garis putus tadi akan tersambung menjadi satu objek. tetapi jika gagal, berarti ada bagian yang bocor pada ujung objek.


Kemudian ubah sudut pandang pada objek dengan menggunakan perintah DDVPOINT, ubah sudut pandangnya menjadi 315 derajat dan sudut kemiringannya menjadi 30 derajat.


kemudian tulis perintah "Extrude" pada kotak perintah atau command dan klik pada objek. tentukan ketinggian pada objek tersebut. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini


kemudian tulis perintah "hide" pada kotak perintah atau comand untuk menyembunyikan garis belakang yang harusnya tertutupi.


Itulah kegunaan dari perintah Region yaitu menyambungkan garis-garis putus pada objek sehingga objek tersebut bisa dilanjutkan dengan perintah extrude atau menjadi objek 3D.