Jika kita telah berhasil membuat dan mempunyai blog baru, saatnya kita berkenalan dengan tampilan dan nama-nama pada dashboard yang ada pada blog kita. Dalam dashboard ini hanya kita pengguna email atau pengguna blog tersebut yang menjadi admin atau pengelolanya. Jadi pada saat ingin mengedit dan merubahnya kita masuk dengan menggunakan alamat email yang kita daftarkan untuk membuat blog tersebut.

Berikut penjelasan singkat pada Dashboar blog kita yang kegunaannya untuk mengedit serta merubah bagian-bagian pada blog kita :


  1. Entri Baru : kegunaannya adalah untuk membuat artikel baru yang akan kita posting dengan cara klik tulisan     "Entri Baru" untuk mulai membuat postingan.
  2. Postingan Yang Telah Kita Publikasikan pada bagian ini terdapat artikel atau postingan yang telah kita buat. Kita bisa merubah tulisan pada postingan tersebut jika ada kesalahn dalam penulisan atau hanya sekedar ingin merubahnya saja, terdapat juga tulisan "Lihat" pada bawah postingan yang kegunaannya untuk melihat atau mereview artikel yang telah kita buat. tulisan "Bagikan" pada bagian bawah postingan kegunaanya untuk membagikan postingan tersebut entah itu ke Google+, facebook atau media sosial lain agar  mereka bisa melihat dan membaca postingan kita. tulisan "Hapus" pada bagian bawah postingan kegunaanya     untuk menghapus postingan yang telah kita buat.
  3. Statistik : Digunakan untuk melihat jumlah berapa kali postingan kita telah dilihat, serta informasi-informasi lain pada bagian tersebut.
  4. Laman : Pada bagian ini adalah untuk membuat halaman-halaman yang telah kita buat seperti halaman Privacy Policy, about dan lain-lain.
  5. Tata Letak : Pada tata letak ini digunakan untuk mengatur tampilan pada blog kita seperti penambahan widget, atau posisi yang kita inginkan pada tampilan blog.
  6. Template : Bagian Template digunakan untuk merubah tampilan blog seperti jenis tulisan, tampilan template, ukuran tulisan, warna-warna dan juga lain-lain.
  7. Setelan : Bagian setelan digunakan untuk settingan pada blog kita, dimana didalamnya terdapat "Dasar" untuk merubah nama blog hingga alamat blog serta setingan-setingan lainnya.
  8. Lihat Blog : Bagian ini adalah untuk melihat atau mereview blog kita pada saat kita mengedit apakah telah sesuai atau belum dengan cara klik "Lihat Blog" yang nantinya juga akan terlihat oleh para pembaca blog kita.