Meskipun telah banyak smartphone-smartphone yang sangat canggih yang mempunyai kualitas kamera dengan ukuran besar yang lebih dari 4 hingga 8 Mega Pixel, akan tetapi tidak jarang kita mendapati atau menemukan foto yang mempunyai resolusi sangat rendah atau bisa dibilang sangat kecil yaitu 10-20 kb. Jika resolusi pada foto tersebut diperbesar atau di zoom maka hasil pada foto tersebut akan pecah atau gambar tidak jelas.
Maka, jika kita hendak mencetak foto tersebut dengan ukuran yang besar seperti halnya membuat spanduk ataupun poster pasti gambar pada foto tersebut akan rusak tidak jelas. Untuk mengatasi hal tersebut, disini saya akan membuat tutorial cara memperbesar ukuran atau resolusi pada foto agar tidak pecah dan juga blur pada saat foto tersebut diperbesar dengan menggunakan Photoshop :
Masukan foto yang ukuran resolusinya kecil yang akan kita ubah ukurannya ke dalam Photoshop

Terlihat foto tersebut keadaannya blur pada saat di zoom

Buat file yang baru, Klik File > New kemudian ganti resolusinya yang awalnya 72 menjdi 300 kemudian klik Ok


Lalu pindahkan foto pertama yang akan kita edit ke file yang telah kita buat dengan cara drag pada foto tersebut. 


Maka akan terlihat ada 2 layer pada file baru tersebut yaitu Layer Background dan juga layer foto yang telah kita pindahkan (Layer 1). Kemudian Klik kanan pada layer foto (layer 1) dan pilih tulisan Convert To Smart Object.



Langkah selanjutnya lakukan transform pada foto tersebut (layer 1) dengan menekan tombol Ctrl + T. Tarik ujung foto tersebut sambil menekan tombol Shift dan Alt secara bersamaan agar foto tersebut ukurannya tetap sama atau seimbang, tarik hingga menutupi layer background.
jika foto tersebut sudah menutupi layer background selanjutnya tekan tombol Enter.


Maka berikut hasilnya jika dibandingkan dengan foto yang belum diedit

Foto sebelum diedit ketika di Zoom

Foto setelah diedit ketika di Zoom